Jumat, 22 Februari 2013

Pelangi Ramadhan di SMANSA

Dalam menghadapi bulan penuh berkah ini, SMAN 1 SUNGAILIAT disibukan dengan beberapa agenda dalam mengisi ramadhan setiap tahunnya. Hj. Nurlela atau yang lebih akrab dengan panggilan bunda sekaligus Pembina ROHIS SMAN 1 mengungkapkan bahwa setiap menghadapi bulan Ramadhan, Rohis mengadakan Pelangi Ramadhan yang diawali dengan  pawai ta’aruf antara anggota  rohis yang lama dan yang baru (19/7/2012).

Beberapa agenda yang dilaksanakan selama bulan ramadhan ini di SMANSA  yaitu , Pertama ada Sanlat yang diikuti oleh anak kelas 10 yang dilaksanakan mulai dari tanggal 20 s.d. 22 juli 2012. Kegiatan sanlat ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan disetiap tahun, dan pada tahun ini 190 siswa dinyatakan lulus Sanlat. Agenda yang kedua  yaitu: Tausiah jum’at pagi  mulai dari pukul 07.00 s.d. 08.00, yang menghadirkan beberapa penceramah yang ada di Kabupaten Bangka. Dalam kegiatan tausiah yang dihadiri oleh seluruh keluarga besar SMANSA ini, sebelum diisi oleh kegiatan ceramah agama,  acara yang pertama yaitu pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh siswa kelas X, yang dilanjutkan dengan penampilan ekskul musikalisasi puisi.

Agenda yang ketiga  Tadarus bersama setiap senin pagi  mulai pukul 07.00 s.d. 08.00. Dalam kegiatan taddarus bersama ini, setiap siswa dipandu oleh anak-anak rohis di kelasnya masing-masing, sedangkan kepala sekolah bersama guru beserta staf TU membaca yasin di mushola dengan dipandu oleh guru agama (Bapak Zarzaji). Agenda yang keempat yaitu kegiatan buka bersama, baik buka bersama yang dihadiri oleh setiap siswa bersama wali kelasnya, maupun acara buka bersama yang dilakukan oleh seluruh keluarga besar SMANSA (10/8/2012). Untuk acara buka bersama yang dilakukan oleh siswa bersama wali kelasnya, mulai dari kelas X s.d. kelas XII dibagi menjadi beberapa kelompok, dengan pelaksanaanya  setiap rabu dan jum’at malam.

Agenda yang kelima, yaitu peringatan Nuzulul Qur’an (10/8/2012), yang merupakan acara puncak pada kegiatan ramadhan di SMANSA ini. Acara ini diisi dengan kegiatan Bazar dan Lomba Da’i antar kelas. Agenda yang terakhir di bulan Ramadhan tahun ini adalah kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh siswa/i yang terlibat dalam ekskul rohis (11/8/2012). Bakti sosial ini berbentuk penyerahan bantuan berupa parsel lebaran, yang merupakan bentuk keperdulian siswa/i kelas X dengan menggalang dana melalui Rohis. Lokasi kegiatan bakti sosial ini dilakukan di desa Puding besar. (Tim).              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar