Jumat, 22 Februari 2013

Pelatihan Pembuatan Kompos


Teman-teman semua pada gak asing lagi kan dengan kata “ Pupuk Kompos” atau sering kita panggil “Kompos” ini? Kalian semua pasti udah belajar donk tentang kompos. Jadi gini singkatnya, pupuk kompos itu merupakan pupuk organik yang dihasilkan dari perombakan bahan organik oleh mikrobia. Dalam hal ini pihak sekolah mempunyai perhatian yang sangatlah besar terhadap pengelolahan limbah-limbah di sekitar lingkungan SMANSA ini sehinga diadakannya pelatihan pembuatan dan pemanfaatan kompos. Pelatihan ini sangat berjalan lancar dengan adanya alat pembuatan kompos dan kebun sekolah yang di olah oleh setiap kelas X dan XI.
Tau gak sih tujuan pelatihan ini? Pelatihan ini bertujuan agar siswa dapat memahami cara pembuatan dan pemanfaatan kompos di SMANSA ini. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga membahas cara membudidayakan tanaman di perkarangan/kebun sekolah mulai dari pemberian materi, praktek pembuatan kompos hingga terjun langsung ke kebun SMANSA.
Temen-temen semua pasti berpikir jika pembuatan kompos itu mudahkan? Pembuatan kompos itu sedikit sulit dan juga memerlukan tenaga kerja yang cukup banyak. Temen-temen yang mengikut pelatihan ini badannya bau semua loo... Baunya campur aduk menjadi satu.
Eh, kesan dan pesan Bapak Indra Feryanto, S.p selaku narasumber pelatihan ini sangat berharap akan terbentuknya keterampilan siswa dalam pembuatan kompos dan tetap berjalan dengan lancar sehingga penghasilan kompos ini juga dapat dijual didalam maupun diluar lingkungan SMANSA ini.
Waahhh keren yaa??? Ternyata kompos itu banyak sekali manfaatnya.
Cahyooo SMANSA.
Reporte: (Aditya Hermawan Xc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar