Sabtu, 27 April 2013

SMANSA Sungailiat Menyambut Peserta Didik Baru yang Berkualitas

Mulai tanggal 4 Juni s.d. 11 Juni 2012, SMAN 1 Sungailiat menerima peserta didik baru untuk Tahun Ajaran 2012/2013. Ketua panitia PPDB, Zaima Gusniar menyatakan bahwa pada PPDB tahun ini, sistem seleksi berdasarkan standar ISO yang telah dimiliki oleh SMANSA Sungailiat, sehingga mulai dari pendaftaran peserta didik sudah terseleksi dengan nilai raport yang memiliki standar rata-rata 7,0 untuk setiap mata pelajaran yang di UN kan (Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia). Tahun ajaran 2012/2013 ini, SMANSA Sungailiat hanya menerima 7 kelas dengan jumlah setiap kelas 32 orang peserta didik, sehingga total peserta didik yang diterima baik untuk kelas regular maupun kelas bakat adalah 224 orang peserta didik.

Peserta didik yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak untuk mengikuti seleksi tes potensi akademiki yang diadakan tanggal 13 Juni 2012 mulai pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB. Materi seleksi adalah 4 mata pelajaran yang diujian nasionalkan, dengan jumlah semua soal sebanyak 100 butir soal pilihan ganda (@ mata pelajaran 25 soal). Hasil seleksi tes potensi akademik ini diumumkan pada hari sabtu tanggal 16 Juni 2012, dan bagi peserta didik yang dinyatakan lolos dalam seleksi ini, wajib mengikuti tes psikotes yang diadakan pada hari rabu tanggal 23 Juni 2012. Setelah calon peserta didik melewati ke-3 tahapan seleksi di atas, maka peserta didik yang dinyatakan sebagai calon syah peserta didik baru di SMANSA Sungailiat akan diumumkan pada tanggal 25 Juni 2012. Peserta didik yang dinyatakan lulus, berhak untuk daftar ulang yang dimulai tanggal 26 s.d. 30 Juni 2012, lewat dari tanggal yang ditetapkan, maka peserta didik dianggap mengundurkan diri.

Kepala SMANSA Sungailiat, Darusman Taufik, menyatakan bahwa PPDB tahun ini kita tetap mengacu kepada pedoman mutu pada Internasional Standar Organisasion artinya peserta didik baru yang akan direkrut itu sudah diatur berdasarkan ketentuan yang tertulis dalam pedoman mutu yang sudah disahkan oleh ISO. Kita tidak boleh menyimpang dari ketentuan yang sudah ada, karena telah ditetapkan berdasarkan yang itu tadi. Artinya mohon pengertian kepada setiap peserta didik baru yang akan mendaftar, ataupun orang tua peserta didik baru yang akan mendaftarkan anaknya. Mungkin pada tahun-tahun yang sebelumnya kita tidak mengacu pada pedoman yang ada dalam ISO tetapi tahun ini marilah untuk kita dapat pahami bersama dalam sistem pengrekrutan penerimaan peserta didik baru tahun 2012 ini. Yang jelas apa yang sudah tertera dalam ISO pada prinsipnya kami akan mengikuti hal yang dimaksud. Setelah anak peserta didik yang akan mendaftar berdasarkan hasil kriteria yang ada sudah kita tetapkan di nilai rapor Semester 1 sampai Semester 5 di SMP, maka dia berhak untuk mendapatkan No peserta dan dapat mengikuti Tes tertulis dan tes potensi Akademik yang akan diselenggarakan SMAN 1 Sungailiat pada tahun 2012 ini, dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 13 Juni 2012.

Dalam memimpin sekolah, marilah kita mengikuti pedoman yang ada dan sudah ditetapkan oleh Pedoman mutu dalam ISO itu. Kita tau bahwa kepemimpinan ini sudah yang kedua kalinya, jadi kepala sekolah yang sebelumnya. Sehubungan karena di dalam kepemimpimpinan sekolah yang Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional mengharapkan kepemimpinan seorang Kepala Sekolah itu harus Strata II. Maka untuk itu kita harus tetap mengikuti ketentuang yang mengacu kepada apa yang ada yang sudah diatur oleh direktorat Menengah Atas di Jakarta. Tentunya apapun yang terjadi dalam kepemimpinan yang akan datang kita tetap memprioditas apa yang menjadi ketentuan hal peningkatan mutu sekolah RSBI menjadi SBI baik itu dalam pengrekrutan peserta didik. Dalam beberapa bulan terakhir kita sudah melihat hasil yakni mendapatkan sertifikat Adiwiyata, untuk sekolah sehat kita mempersiapkan untuk lomba Tingkat Provinsi. Dan dilihat dari esktrakulikuler, anak perserta didik dapat memperoleh juara diajang Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional. Karena baru-baru ini Ekstrakulikurel Kepramukaannya mendapatkan Juara II dalam ajang Lomba PBB Pramuka Penegak I Tingkat Nasional di Bandung. Ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dan kemajuan dan kedepannya SMAN 1 Sungailiat ini akan memperoleh predikat yang lebih baik lagi dari RSBI menuju SBI. Harapannya peserta didik yang nantinya diterima di SMANSA Sungailiat ini adalah peserta didik yang berkualitas dan dapat mengukir prestasi yang mengharumkan nama baik sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar