Sabtu, 27 April 2013

SMANSA Menghadapi UN 2012, BISA!

Pemerintah melalui Kemendikbud telah mengeluarkan peraturan terbaru tentang Ujian Nasional 2012 yang dituangkan dalam PERMENDIKBUD Nomor 59 Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional. Badan Standar Nasional Pendidikan selaku penyelenggara Ujian Nasional telah menerbitkan Peraturan Nomor: 0012/P/BSNP/XII/2011 tentang Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, dan Sekolah Dasar Luar Biasa Tahun Pelajaran 2011/2012 dan Peraturan Nomor: 013/P/BSNP/XII/2011 tentang Kisi-Kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2011/2012.

Menurut waka kurikulum (Sri Handayani) bahwa Ujian Nasional perlu dilakukan, karena tujuannya itu menilai pencapaian kompetensi jurusan secara nasional pada mata pelajaran, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Apabila Ujian Nasional tidak dilaksankan, pemerintah tidak bisa menilai pencapaian kompetensi kelulusan secara nasional. Hal ini dikarenakan hasil Ujian Nasional dapat digunakan untuk: pemetaan mutu program dan satuan Pendidikan, dasar seleksi masuk jenjang pendidikan selanjutnya, penentuan kelulusan peserta didik dua program atau satuan pendidikan, pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan Kriteria Kelulusan dari satuan pendidikan adalah: menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan nilai yang tuntas dan memperoleh nilai minimal “baik” pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran yang terdiri atas kelompok agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajara kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, kelompok pelajaran jasmani dan olahraga Kesehatan, lulus UAS/Madrasah untuk kelompok mata pelajaran, dan Lulus Ujian Nasional.

SMANSA Sungailiat dalam menghadapi UN 2012 ini telah melewati berbagai persiapan. Menurut Kepala Sekolah, Darusman Taufik, telah banyak persiapan yang telah sekolah lakukan agar siswa dapat sukses melewati UN yang jelas kita sudah bergeriliya sedini mungkin, selain melakukan kegiatan proses belajar mengajar dipagi hari mulai dari jam 07.00 s.d. 13.30, pihak sekolah juga sudah menambahkan jam mata pelajaran tambahan pada sore hari yang dimulai dari pukul 14.00 s.d. 17.15 untuk siswa kelas XII mulai bulan Januari setiap hari Senin s.d. Kamis.

Selain itu, persiapan pihak sekolah dalam menghadapi Ujian Nasional adalah dengan mengadakan uji coba untuk kesiapan siswa, yang dikenal dengan Try Out (TO) yang dilaksanakan 3 kali, yaitu: Try Out ke-1 telah dilakukan pada tanggal 30 Januari sampai dengan 2 Febuari 2012, Try Out ke-2 dilaksanakan pada tanggal 27 Febuari sampai dengan 1 Maret 2012, yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kab. Bangka bekerjasama dengan PT. Intan dan dikelola oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Pada Try Out yang ke-2 ini SMANSA Sungailiat untuk program IPA/IPS menduduki peringkat I dari semua sekolah yang ada di Kab. Bangka. Kepala Sekolah berharap prestasi tersebut dapat dipertahankan di UN 2012 tanggal 16 s.d. 19 April 2012 yang akan dating. Try Out ke-3 dilaksanakan pada tanggal 2 s.d. 5 April 2012 dengan uji coba soal 5 paket dan siswa sudah dikondisikan dengan situasi ujian yang sebenarnya, agar mereka lebih siap dan terbiasa pada saat menghadapi UN 2012 nanti.

Hasil Try Out yang Ke-2 telah disampaikan pada orang tua masing-masing siswa melalui wali kelasnya bersamaan dengan acara sosialisasi Ujian Nasional yang dikoordinir oleh Waka Kurikulum, pada hari Rabu tanggal 28 Maret 2012. Pada kegiatan sosialisasi UN tersebut, guru BP/BK (Veranita Lilia) menyampaikan tips nya untuk orang tua dalam menghadapi UN 2012: 1) ciptakan kondisi nyaman di rumah; 2) beritahukan kepada semua anggota keluarga bahwa ada yang akan ujian pada tanggal 16 s.d. 19 April 2012 dan tempelkan jadwal di tempat yang mudah terlihat oleh anggota keluarga. Ini merupakan salah satu upaya agar anak tidak merasa sendirian dalam berjuang menghadapi UN; 3) jangan tinggalkan anak sendirian, sesekali ketika anak sedang belajar kita sapa, tepuk-tepuk bahunya, katakana ayah/ibu membantu dengan do’a; 4) apabila anak bangun tengah malam untuk belajar, orang tua usahakan orangtua bangun juga untuk shalat malam dan berd’oa. Bila perlu berikan segelas susu kepada anak yang sedang belajar; 5) pada saat anak ujian, mulai dari mereka keluar rumah sampai mereka selesai ujian, orang tua jangan berhenti untuk berdo’a.

Selain persiapan menghadapi Ujian Nasional ini dengan adanya penambahan jam belajar dan Try Out, pihak sekolah akan mengadakan kegiatan binamental untuk siswa-siswi kelas XII. Kegiatan ini bertujuan agar siswa-siswi merasa siap dalam menjalankan UAN tersebut. Pembina rohis SMANSA, Hj. Nurlela, mengatakan bahwa kegiatan binamental ini akan berlangsung pada tanggal 11 April 2012 mendatang. Seluruh siswa kelas XII beserta wali kelasnya akan membaca yasin bersama, bertausiah, sholat Duha, zikir bersama, dan ada juga puitisasi Al Qur’an. Kegiatan binamental ini sebenarnya telah dilaksanakan mulai awal semester genap setiap hari Jumat pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 07.45. Seluruh siswa kelas XII dibina dan dibimbing oleh Pembina rohis serta guru agama untuk membaca yasin bersama. Sama halnya dengan siswa yang beragama Islam, siswa yang beragama non Islam pun ikut melaksanakan kegiatan binamental dan di bimbing oleh guru agamanya masing-masing. Selaku pembina rohis, Hj. Nurlela, menyarankan kepada seluruh siswa terutama kelas XII agar berpuasa setiap hari Senin dan Kamis serta melaksanakan sholat tahajud agar mereka lebih siap lahir dan batin dalam melaksanakan UAN.

Harapan semua pihak sekolah baik kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas dan guru yang pernyataannya diwakili oleh guru ekonomi sekaligus merupakan wali kelas XII.IPS-3 (solihayati), maupun staf TU terhadap siswa kelas XII dalam menghadapi Ujian Nasional adalah dapat menduduki peringkat atas dengan nilai yng maksimal dan lulus 100% dan adanya peningkatan nilai dari tahun sebelumnya yaitu 7,5. Selain itu, harapan terbesar seluruh keluarga besar SMANSA adalah siswa/i yang akan melanjutkan keperguruan tinggi, dapat diterima di Perguruan Negeri sesuai dengan cita – cita yang ingin diraihnya.

Berkat kerja sama dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, staf TU, pihak komite, orang tua, dan siswa persiapan Ujian Nasional berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Siswa kelas XII juga menunjukkan respon yang sangat baik dan sibuk dalam mempersiapkan Ujian Nasional ini. Siswa memiliki motivasi yang bagus dan memiliki semangat yang tinggi dalam menghadapi Ujian Nasional. Kepala Sekolah meminta kepada seluruh siswa kelas XII agar dapat sedini mungkin mempergunakan waktu yang telah dipergunakan selama tiga tahun untuk belajar di sekolah ini tidak menjadi disia-siakan disaat ujian nasional itu, jaga kondisi kesehatan jangan sampai ada ujian ulangan, makan yang cukup, istirahat yang banyak dan perbanyak koordinasi sama teman-teman bertanya diskusi dan sebagainya, jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh Insyaallah sekolah kita lulus 100 %. (Tim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar